Business
Plan
Kelompok :
Aristiawan Wiguna (51415023)
Dimas Ari Pratama (51415918)
Givaldo Novel
(52415933)
Muammar Adid Prabowo (54415319)
Muhammad Ikbal (54415639)
Rizky Nugraha Putra (56415192)
Robi Pradana Maulidan (56415227)
·
Rencana Business Plan :
Membuat
jasa penyedia kegiatan magang berupa website yang bernama Magangmagang.com.
Ide
bisnis ini muncul dari 2 sisi yang terjadi sekarang ini yaitu perusahaan dan
pihak pencari magang.
o Dari
sisi perusahaan, dalam pengelolaannya tak jarang perusahaan mengeluarkan biaya
yang berlebih, contohnya dalam perekrutan anak magang.
o Dari
sisi pencari magang, kesulitan dalam mencari lowongan magang
·
Deskripsi Bisnis :
Jasa
penyedia kegiatan magang merupakan produk jasa yang masih jarang ditemui karena
minim nya perusahaan yang membuat produk jasa ini. Magangmagang.com kami buat
bertujuan untuk membantu para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman bekerja
magang di perusahaan-perusahaan. Potensi keberhasilan dari produk jasa ini
sangat besar, selain memudahkan mahasiswa mencari tempat magang juga memudahkan
perusahaan untuk meminimalisir biaya perusahaan untuk membayar gaji seorang
karyawan. Sangat memungkinkan apabila gaji seorang karyawan diambil alih oleh
beberapa mahasiswa magang di perusahaan. Selain mahasiswa yang mendapatkan
keuntungannya perusahan pun juga mendapatkannya.
·
Planning nya untuk apa
manfaatnya, kedepannya, strategi nya :
o Manfaat
:
Magangmagang.com dibuat bertujuan
untuk membantu para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman bekerja magang di
perusahaan-perusahaan. Magang-magang.com membidik kalangan muda terutama
undergraduate dan freshgraduate yang membutuhkan kemudahan sarana dalam mencari
dan menemukan perusahaan untuk magang dan dengan kebiasaan mereka yang
mobilitas dan praktis.
o Rencana
Kedepan :
§ Short
Term
Jumlah target perusahaan yang
memakai jasa kami yaitu minimal 30 perusahaan dalam kurun waktu 1 tahun
§ Medium
Term
Jumlah target perusahaan yang
memakai jasa website kami yaitu minimal 40 perusahaan dalam kurun waktu 2 tahun
§ Long
Term
Jumlah target perusahaan yang
memakai jasa website kami dari segi letak geografis berada di 50 perusahaan
dalam kurun waktu lebih dari 3 tahun
o Strategi
pemasaran :
Dengan membangun channel (hubungan)
dengan pihak-pihak terkait yaitu :
§ Universitas
Dengan bekerja sama dengan
universitas maka kami akan mudah untuk mendapatkan customer segment kami,
karena biasanya para mahasiswa dan mahasiswi mau mencari pengalaman untuk
bekerja
§ Perusahaan
Dengan menggandeng
perusahaan-perusahaan terbesar di Jakarta, Tangerang, Depok akan memudahkan
kami untuk menyalurkan tenaga-tenaga kerja yang telah kami seleksi.
§ Social
media
Dengan membuat social media dan
akan membantu perusahaan kami untuk media promosi kepada calon pekerja sehingga
pesan yang ingin disampaikan bisa tersampaikan dengan mudah dan cepat.
·
Deskripsi produk atau
jasanya :
Produk
jasa dari magang-magang.com ditawarkan kepada mahasiswa yang sedang mencari
magang atau pekerjaan part-time terhadap perusahaan-perusahaan yang dimana
tingkat pendapatannya lebih dari lima ratus juta rupiah, dan berlokasi di
JABODETABEK. Dengan tingkat pendidikan
para job seeker minimal SMA/K sampai dengan S1.
·
Pernyataan visi dan misi
Visi
“Menyiapkan
Generasi Muda Yang Profesional Agar Dapat Bersaing dan Berkompetisi dalam
Persaingan Global Serta Bekerja sama Dengan Perusahaan Besar di Indonesia”
Misi
o Menyiapkan
tenaga-tenaga kerja yang ahli untuk memberikan informasi-informasi yang berguna
untuk para pekerja.
o Menjalin
kerja sama dengan perusahaan-perusahaan Indonesia yang membutuhkan tenaga
kerja.
o Menggunakan
teknologi yang canggih seperti menggunakan aplikasi,web dan media teknologi
lainnya.
·
Rencana pemasaran
(Marketing Plan)
o Short
Terms
§ Membuat
akun sosial media.
§ Memberikan
diskon sebesar 50% di bulan pertama.
§ Gencar
mengikuti workshop atau seminar-seminar.
o Mid
Terms
§ Menjadi
sponsor bagi acara jobfair dan seminar.
§ Membuat
Job Expo sendiri.
§ Membuat
aplikasi yang tersedia di ponsel dan tablet.
o Long
Terms
Memperluas cangkupan wilayah jasa
yang kami sediakan.
o Component
to support marketing plan
Promotion and advertisement
Tidak ada komentar:
Posting Komentar